Jumat, 25 September 2015

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Kelebihan

Kelebihan #1
Dalam hal keekonomisan bahan bakar, mesin diesel berada di atas mesin bensin.
Mesin diesel umumnya memberikan 25 hingga 30 persen jarak tempuh bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin.

Kelebihan #2
Efisiensi mesin diesel lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin sehingga pada gilirannya mampu menghemat bahan bakar lebih baik.

Kelebihan #3
Mesin diesel tidak memerlukan busi.

Kelebihan #4
Mesin diesel umumnya dibangun lebih kuat untuk menahan kompresi yang lebih tinggi.
Akibatnya, mesin diesel cenderung lebih awet dibandingkan mesin bensin sebelum memerlukan perbaikan besar.
Mesin diesel dikenal memiliki torsi lebih besar dibandingkan mesin bensin.

Kekurangan :

Sebagai perumpamaan, mesin bensin ibarat kuda pacuan – cepat dan berapi-api – sedangkan mesin diesel lebih mirip kuda pengangkut – lebih lambat, lebih kuat, dan lebih tahan lama.
Jika mengabaikan pemeliharaan dan sistem injeksi bahan bakar rusak, Anda mungkin harus membayar lebih banyak untuk menggantinya dibandingkan mesin bensin karena mesin diesel umumnya memiliki teknologi yang lebih maju.

Agar Mobil Hemat Bahan Bakar

Semua bermuara pada hal-hal sederhana yang kerap dilupakan oleh pemilik mobil. Nah, dengan menyisihkan waktu sejenak, Anda dapat belajar ‘menabung’ konsumsi BBM sedikit demi sedikit. Lantas, apa saja yang harus Anda perhatikan?

Balancing

Ban adalah ujung tombak mobil dalam upaya mengirit konsumsi BBM. Alhasil, Anda tak bisa mengatur irama berken¬da¬ra dengan baik dan cen¬derung agresif saat menekan pedal gas. Selain itu, mesin butuh kekuatan ekstra ketika memutar ban yang bergetar. Sedikit ba¬nyak akan menaikkan konsumsi BBM.

Sudut ban yang tidak sesuai standar pabrikan membuat Anda sulit untuk mengarahkan kemudi di jalan. Akibatnya, Anda ‘dipaksa’ untuk menekan pedal gas lebih dalam supaya putaran ban tidak terhambat dan selaras kemauan pengemudi sehingga bisa dipastikan, konsumsi BBM pun turut bertambah. 


Filter Udara

Ibarat manusia bernafas, mesin juga membutuhkan kualitas udara yang memadai agar dapat melakukan pembakaran dengan baik. Kotoran adalah musuh utama mesin.

Tekanan Angin Ban

Berapa tekanan angin ban paling pas? “Logikanya, ban dapat meng¬gelinding dengan le¬¬bih mudah karena hambatan gelindingnya semakin rendah. Tekanan angin ban kurang sudah pasti membuat konsumsi BBM boros karena mesin butuh tenaga ekstra untuk memutar ban. Yang terbaik adalah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Pendingin Kabin

Bukan menganjurkan Anda untuk tidak menggunakan AC, tapi kinerja pendingin kabin mempengaruhi konsumsi BBM. Padahal AC membe¬bani kerja mesin.
Pemilihan BBM

Cara paling sederhana dalam menghemat konsumsi BBM adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Artinya, mobil Anda yang menggunakan bensin butuh BBM dengan nilai oktan minimal 92, atau yang masuk dalam kategori BBM non subsidi.

BBM yang sesuai kebutuhan mesin membuat proses pembakaran dapat berlangsung lebih optimal, bahkan sempurna. Ledakan tenaga besar membuat Anda tidak perlu menekan pedal gas lebih dalam karena mesin selalu dalam performa terbaiknya. Ending-nya adalah konsumsi BBM irit dan usia pakai komponen bergerak di dalam mesin yang lebih panjang. Hal serupa juga dapat diterapkan pada mesin diesel.

Namun bagi anda yang memiliki kantong tebal untuk membeli bahan bakar berkwalitas tinggi, ada baiknya mencoba alat penghemat bbm xpower, karena selain sebagai penghemat bbm, alat ini juga mampu menyempurnakan komposisi bahan bakar bensin sehingga menjadi setara pertamax plus, dan solar setara dengan Solar Dex.

Baca juga ;
http://bahanbakardiesel.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar